ADAT
ISTIADAT MASYARAKAT SEMARANG
MANTENAN
Setiap daerah mempunyai
tradisi masing-masing. Begitu juga dengan kota Semarang. Salah satunya adalah
tradisi Manten Semarangan. Pengantin (mantenan) Semarang asli merupakan budaya
tradisional yang harus dilestarikan keberadaannya.
Pengantin Semarangan mempunyai
pakaian khas untuk masing-masing mempelai. Pengantin wanita memakai pakaian
jawa biru gelap dengan kancing emas dan berkerah Shanghai. Pengantin wanita
juga memakai sarung tangan dan kaus kaki dengan sepatu yang berwarna sama
dengan pakaiannya.
Rambut pada mempelai wanita
memakai aksesoris berupa mahkota, beberapa cunduk mentul dengan garis emas,
hitam, dan perak. Ada pulaperhiasan di telinga ditambah di dekatkannya dipasang
untaian melati dan cempaka kuning.
Pengantin pria berpakaian
jubah sepanjang lutut dengan pakaian luarnya terbuat dari bludru biru gelap.
Kepalanya memakai sorban dan di sisi dipasang untaian melati, cempaka kuning,
mawar, dan magnolia.
Pada pinggang dikenakan ikat
pinggang berwarna kuning dan selempang dipasang dari bahu kanan ke pinggang
kiri. Dilengkapi pula dengan sarung tangan putih dan sandal selop.
Prosesi mantenan Semarangan,
sang penganten putri ditandu di atas Joli dengan gelang emas serenteng, kalung
dan giwang gemerlap serta pilis emas di dahinya. Sang penganten putra dengan
gagah menunggang seekor kuda, lengkap dengan pedang terselip di pinggang
mengiringi sang penganten putri.
DUGDERAN
Kata WARAK berasal dari bahasa arab “Wara’i”
yang berarti suci dan NGENDOG yang
artinya bertelur disimbolkan sebagai hasil pahala yang didapat seseorang
setelah sebelumnya menjalani proses suci. Secara harfiah, Warak Ngendog bisa
diartikan sebagai siapa saja yang menjaga kesucian di Bulan Ramadhan, kelak di
akhir bulan akan mendapatkan pahala di Hari lebaran. Ciri khas bentuk yang
lurus dari Warak Ngendog ini mengandung arti filosofis tersendiri. Bentuk lurus
tersebut menggambarkan citra warga Semarang yang terbuka, lurus dan berbicara
apa adanya. Tak ada perbedaan antara ungkapan hati dengan ungkapan lisan.
Selain itu Warak Ngendog juga mewakili akulturasi budaya dari keragaman etnis
yang ada di Kota Semarang. Pada setiap bulan puasa tiba Warak Ngendog mudah
dijumpai dalam bentuk mainan khas Kota Semarang yang muncul sekali dan hanya
hadir di perayaan tradisi Dugderan. Mainan ini berwujud makhluk rekaan yang
merupakan gabungan dari beberapa binatang yang merupakan simbol persatuan dari
berbagai golongan etnis warga kota Semarang, yaitu Cina, Arab dan Jawa.
Kepalanya menyerupai kepala naga (Cina), tubuhnya layaknya buraq (Arab), dan
empat kakinya menyerupai kaki kambing (Jawa).
DUGDERAN
Munculnya tradisi “Dugderan” yang tetap dilestarikan hingga sekarang. Dimulai pada masa pemerintahan Kanjeng Bupati RMTA Purbaningrat pada tahun 1891 guna menandai dimulainya bulan suci Ramadhan, diselenggarakan upacara dengan membunyikan suara bedug (Dug-dug-dug) dan dentuman suara meriam (Der). Sehingga jadilah istilah Dug-der, dug-deran.
Dalam keramaian tersebut dimeriahkan juga dengan mainan anak-anak yang disebut dengan “Warak Ngendog”. Maka tradisi ini tetap dilestarikan hingga sekarang dan menjadi ciri khas budaya Kota Semarang menjelang datangnya bulan puasa bagi umat Islam.
Munculnya tradisi “Dugderan” yang tetap dilestarikan hingga sekarang. Dimulai pada masa pemerintahan Kanjeng Bupati RMTA Purbaningrat pada tahun 1891 guna menandai dimulainya bulan suci Ramadhan, diselenggarakan upacara dengan membunyikan suara bedug (Dug-dug-dug) dan dentuman suara meriam (Der). Sehingga jadilah istilah Dug-der, dug-deran.
Dalam keramaian tersebut dimeriahkan juga dengan mainan anak-anak yang disebut dengan “Warak Ngendog”. Maka tradisi ini tetap dilestarikan hingga sekarang dan menjadi ciri khas budaya Kota Semarang menjelang datangnya bulan puasa bagi umat Islam.
UPACARA ADAT SIRAMAN
Salah sijine adat tata cara pengantenan yaiku siraman calon penganten .
Sakdurunge acara siraman calon penganten putri, sedina sakdurunge sing duwe
gawe wis utusan paraga golek banyu sumber pitu , sumber pitu utawa tuk pitu mau
bisa wujud sendhang utawa sumur ,dadi dudu banyu kali sing ora suci amarga wis
reget.
Sakwise calon penganten putri dibusanani busana siraman , rambut diore ,
dikanthi mijil saka kamar busana, sungkem caos bekti luwih dhisik marang sepuh
piniji ( putri ) kang lungguhe wis ditata sakdurunge , jejer-jejer .Urutan sing
keri dhewe lenggahe ibulan ramane calom penganten putri . Sakwise sungkem
pangabekti , calon penganten putri tumuli dikanthi dening dening rama lan ibune
manjing papan siraman . Calon penganten putrid dilenggahake ing papan siraman
kang wis cinawisake.Rama lan ibune banjur nampa banyu sumber pitu saka paraga
kang piniji ,sabanjure banyu sumber pitu kacampurake ing jembangan kang arep
dienggo siraman .Sakwise banyu dicampur, dhukun penganten ngandani para sepuh
putrid kang piniji mbaka siji nyirani calon penganten pungkasane rama lan ibune
.Rampung siraman nuli nindakake acara pecah pamor.Carane ,kendhi pratala sing
isi banyu dicurake dening ramane kanggo wudlu tumrap calon penganten putri sing
muslim ,dene saliyane cukup kanggo raup nganti banyune entek.Yen kendi wis
kothong,banjur dicekel bareng dening rama lan ibune ,kendhi ditibakake utawa
dibanting karo ngucap :”Aku ora mecah kendhi,nanging mecah pamore
anakku”.Sakwise kendi pecah ,calon penganten putri banjur dianduki lan
dibopong mlebu kamar proboyoso dening rama lan ibune,pepindhane kaya
digendong kanthi kebak rasa tresna asih .
RINGKESAN WACAN SIRAMAN
- Siraman yaiku suatu prosesi ( upacara adat ) ingkang nggadahi tujuwan ngeresiki reregeting awak lair tuwin batin .
- Ingkang dibutuhaken ing upacara adat Siraman yaiku :
1. Banyu utawa
toya saking 7 sumber ( 7 tuk )sing beda panggonane . angka pitu ing upacara
siraman nggadahi arti pitulungan kanggo panguripanne calon penganten .
2. Banyu utawa
toya sing dikumpulke mau kudu saka kaluwarga sing sejahtera .
3. Toyane uga
kudu saka kaluwarga sing isa menehi teladan urip
- Paraga yaiku wongsing nyirami penganten nganggo banyu siraman mau .
- Wong paraga : 7 pasang kaluwarga sing isih utuh , 7 pasang kaluwarga sing sejahtera , 7 pasang kaluwarga sing wis tuwa ( wis pernah nikahake anakke ) , 7 pasang kaluwarga sing isa maringi teladan urip .
- Kendi pratala yaiku wadah banyu siraman .
- Nalika kendi pratala dipecah karo wong tuwane penganten , wong tuwa penganten mau ngomong “Aku ora mecah kendi iki ,ananging mecah pamore anakku supaya dadi pribadi kang utama” .
- Ruang probosuyasa yaiku ruang rias penganten putri supaya dadi ayu sawise upacara siraman dipungkasi .
KEMBAR
MAYANG
Kembar mayang biasane digawa ing acara “ Temu Nganten “ ing ngarep lawang
omah penganten putri . Kembang mayang iki digawa karo sepasang praja utawa
remaja wadon lan sepasang praja putra sing iseh jejaka lan perawan .Kembar
mayang sing digawa karo pihak putri dituker kaliyan kembar mayang sing digawa
karo pihak penganten kakung.
Miturut tradisi Jawa sing sampurna utawa lengkap, kembar mayang yaiku
karangan sekar utawa kembang sing terdiri saka godhong-godhong wit klapa( janur
) sing ditancepake ing tanggul klapa . Lan dekorasi kembang mayang iki duweni
makna utawa arti sing becik.
·
Hiasan sing bentuke awujud gunung dhuwur lan amba
ngelambangake yen penganten kakung kudu berpengetahuan luas utawa duwe ilmu
pengetahuan sing becik , berpengalaman , lan sabar .
·
Hiasan sing bentuke awujud keris duweni arti supaya
pasangan penganten kudu ati-ati ing panguripane .
·
Hiasan awujud cemeti utawa cambuk, duweni arti
pasangan kudu berpikir positif sing harapane supaya uripe bahagia .
·
Hiasan awujud payung nduweni arti pasangan kudu
ngelindungi kaluwargane dhewe.
·
Hiasan awujud walang nduweni arti pasangan penganten
kudu tangkas,berpikir cepet , lan jupuk kaputusan sing bener nganggo keslametan
kaluwargane.
·
Hiasan awujud manuk : pasangan kudu nduweni tujuwan
urip sing becik .
·
Godhong ringin : pasangan kudu ngelindungi kaluwargane
dhewe lan wong liya .
·
Godhong kruton : nduweni arti ngelindungi pasangan
penganten saka roh jahat .
·
Godhong dadap serep : nandaake pasangan penganten kudu
duwe pikiran jernih lan tenang ngadhepi masalah kaluwargane .
·
Bunga patra manggala : digunaake nganggo hiasan kembar
mayang .
NYADRAN
Menyambut
datangnya bulan suci Ramadan, warga Semarang melakukan ritual Nyadran sejak
memasuki bulan Ruwah. Nyadran adalah ziarah kubur. Mereka mendoakan arwah
leluhur. Pemakaman di Semarang setiap harinya didatangi banyak keluarga untuk
mendoakan kerabat mereka yang telah meninggal dunia.
Acara Nyadran itu ada yang
dilaksanakan secara pribadi, ada pula yang dilakukan secara serempak satu
dusun. Ini seperti yang dilakukan warga Dusun Pucung, Kelurahan Pudak Payung,
Semarang, Jumat (27/6) pagi. Ratusan orang datang ke kawasan Sendhang
Gedhe—mata air di dusun itu—untuk berdoa bersama yang diakhiri pesta makan
bersama.
"Ini bentuk pelestarian budaya
untuk mengirim doa kepada arwah leluhur. Di sisi lain, kami membersihkan mata
air di sini sebagai wujud memelihara alam. Di sini ada harmoni kehidupan,"
kata Poerwa Kasmanto, Lurah Pudak Payung.
Sementara itu, sesepuh warga
Atmorejo mengajak semua warga untuk selalu mengingat leluhur mereka. Warga di
sana percaya bahwa cikal bakal desa itu adalah Kiai dan Nyai Tayem yang
dimakamkan di pemakaman di dekat sendang itu.
Dari sisi antropologi, Kiai dan Nyai
Tayem adalah sosok pahlawan kebudayaan (culture hero). Orang Jawa kemudian
menyebutnya sebagai danyang. Sosok danyang itu dipercaya selalu mengikuti
kehidupan perkembangan desa yang pernah dikembangkannya.
NYADRAN
Berasal dari kata sraddha, nyraddha,
nyraddhan, akhirnya luruh menjadi nyadran. Dari buku Kalangwan karya PJ
Zoetmulder, pakar bahasa Jawa dan juga kebudayaan Jawa, upacara Sraddha di Jawa
terlacak dilakukan sejak zaman Kerajaan Majapahit yang beragama Hindu, sekitar
tahun 1350 Masehi. Sraddha kala itu untuk memperingati wafatnya ratu Majapahit
Tribhuwana Tungga Dewi.
Seiring masuknya pengaruh Islam
ditandai runtuhnya dinasti Majapahit dan berganti Kerajaan Demak, ritual itu
tetap ada. Namun, kini Nyadran tidak hanya untuk raja, tetapi untuk arwah
leluhur masing-masing keluarga dengan napas islami.
Nyadran di Jawa juga ada sebutan
lain, mulai dari ziarah kubur, besik, punggahan, dan ruwahan. Maknanya tetap
sama, yakni mendoakan arwah leluhur.
POPOKAN
Sendang adalah
merupakan sebuah desa
di kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah,
Indonesia.
Terkenal dengan budayanya yaitu "popokan" sebuah upacara adat lempar
lumpur yang diperingati pada bulan agustus tepatnya hari jumat kliwon. Upacara
ini sudah turun temurun sejak terbentuknya desa sendang. Upacara ini diawali
dengan pembersihan mata air atau sendang itu sendiri, selanjutnya setelah
sholat jumat warga membawa "ambeng" atau makanan dan jajan pasar ke
rumah bayan (pengurus kampung) untuk acara selamatan. Setelah itu warga menuju
perbatasan untuk mengadakan acara arak arakan, dalam acara ini terdapat
kesenian dari desa sendang itu sendiri yaitu reog atau jatilan, noknik
(pagelaran wayang orang), serta penampilan dari kreasi warga tiap RT
nya.Dibarisan depan terdapat macan persembahan. Setibanya arak rakan ini di
tempat popokan maka modin (pemuka agama) membacakan doa selanjutnya di ikuti
perebutan persembahan oleh warga. Setelah itu acara popokan dilaksanakan, warga
saling melempar lumpur namun tidak ada emosi disini mereka melaksanakan dengan
suka cita, demikian juga penontonya jika terkena lemparan tidak boleh marah
karena kata orang dulu orang yang terkena lemparan lumpur maka niscaya mendapat
berkah.
Tradisi popokan sendiri
berjalan sudah lama. Tradisi ini bermula ketika ada gangguan dari seekor macan
yang mengancam warga, merusak tananaman dan meneror warga desa sendang. Namun
diusir memakai senjata macan tidak mau pergi warga sempat takut dibuatnya,
setelah itu ada seorang pemuka adat yang menyarankan agar macan tersebut diusir
menggunakan tanah atau lumpur sawah dan yang terjadi macanpun pergi warga
dengan suka cita merayakanya dengan lempar lumpur yang sekarang menjadi tradisi
dan identitas wazrga desa sendang.
Popokan sendiri bermakna
pembersihan diri atau bisa diartikan menghilangkan kejahatan/keburukan tidak
harus dengan kekerasan, namun dengan rendah diri dan taat pada ALLAH SWT maka
niscaya semua itu bisa dilawan.
MAGENGAN
Megengan berasal dari kata megeng yang artinya menahan. Tidak hanya menahan nafsu makan dan minum , tetapi juga menahan dari segala nafsu , seperti amarah dan juga hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Maksud sebenarnya dari Megengan adalah bahwa sebentar lagi mau memasuki bulan suci Ramadhan karena di bulan tersebut umat muslim berkewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh. Megengan biasanya dilakukan menjelang minggu terakhir di bulan Sya’ban. Menurut ceritanya, Tradisi Megengan ini diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga pada saat penyebaran agama Islam di Jawa, terutama Jawa Timur.
dalam acara Megengan biasanya ada acara mendoakan para sesepuh yang telah wafat. Selain itu dalam tradisi Megengan juga diisi dengan acara syukuran dengan membagi-bagikan makanan terutama kue apem. Kue apem ini sebenarnya adalah ungkapan permintaan maaf secara tidak langsung , misalnya kepada tetangga, saudara-saudara dan orang di sekitar . Karena apem ini berasal dari kata afum yang artinya adalah meminta maaf dan memberi maaf. Dan menurut ceritanya karena dalam masyarakat Jawa tidak mengenal huruf „F“, maka kata Afwun berubah menjadi Apwun, lalu menjadi apwum , kemudian apwem dan akhirnya menjadi apem. Pendengar, biasanya masyarakat di Jawa Timur ini selain membagikan kue apem juga membagikan pisang raja.
Menurut ceritanya, kue apem dan pisang raja ini apabila disatukan akan menjadi payung. Payung melambangkan perlindungan dari segala cobaan selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Dilihat dari bahan dasarnya, kue apem melambangkan kebersihan dan kesucian, karena bahan dasarnya adalah beras putih. Warna putih melambangkan kesucian. Kemudian santan, merupakan sari buah kelapa yang juga mempunyai arti “Santen” sebagai akronim dari kata Jawa Sagetho Nyuwun Pangapunten yang berarti permohonan maaf. Sedangkan gula dan garam melambangkan perasaan hati. Sehingga apabila semua bahan-bahan itu dijadikan satu maka mempunyai makna simbolis, yaitu kesucian dan ketulusan perasaan hati manusia. Jadi secara simbolis , makan kue apem bisa diartikan memohon maaf kepada keluarga, sanak saudara dan teman. Dan setelah makan kue apem ini , biasanya orang-orang saling bersalaman saling meminta maaf dan kemudian membaca doa.
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
Terimakasih infonya sangat membantu
salam MobilBarusuzuki-makasar